Ciri-Ciri Virus

PEMBERITAHUAN KEPADA PENGUNJUNG BAHWA BLOG INI DIALIHKAN KE
KLIK DISINI-E3NCLOUD


Kata virus berasal dari bahasa latin, yaitu virion yang berarti racun. Hal tersebut berdasarkan sifat virus yang hampir semuanya bersifat merugikan karena menyebabkan penyakit pada makhluk hidup.

1.       Sifat Virus

Virus hanya dapat memperbanyak diri dalam sel hidup atau memiliki salah satu asam nukleat (DNA saja atau RNA) dengan selubung protein (kapsid), dan tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan.

2.       Ukuran dan Bentuk Virus
Virus mempunyai ukuran tubuh antara 25-300 nanometer (1 nm = 10-9). Virus dapat diamati dengan menggunakan mikroskop electron dengan perbesaran mencapai 50.000 kali.

3.       Struktur Virus
Tubuh virus terbagi menjadi 3 bagian :
Ø  Kepala, berbentuk polyhedral (segi banyak) yang berisi asam nukleat berupa RNA atau DNA. Pada bagian kepala virus diselubungi oleh protein yang disebut kapsid.
Ø  Leher, sebagai penghubung antara kepala dan ekor.
Ø  Ekor, berfungsi untuk melekatkan diri dan menginfeksi sel inang yang diserang virus. Bagian ini memiliki struktur tambahan berupa selubung ekor, lempengan dasar, dan serabut ekor. Pada setiap ujung serabut ekor terdapat reseptor yang berfungsi menerima rangsang dari luar.

PEMBERITAHUAN KEPADA PENGUNJUNG BAHWA BLOG INI DIALIHKAN KE
KLIK DISINI-E3NCLOUD

0 Response to "Ciri-Ciri Virus"

Posting Komentar